Friday, April 10, 2020

Tempat Terbaik Untuk Dikunjungi di Kalimantan Barat

Kalimantan adalah bagian dari Indonesia dan terletak di pulau Kalimantan (yang notabene adalah Kalimantan dalam bahasa Indonesia). 73% Kalimantan ditutupi oleh Indonesia dan sisanya terdiri dari Malaysia dan Brunei. Kalimantan sebenarnya berarti 'Pulau Cuaca Terbakar' dan berasal dari bahasa Sansekerta untuk Kalamanthana karena letaknya dekat dengan garis khatulistiwa dan sebagai hasilnya Anda dapat mengharapkannya menjadi cukup panas di sini. Jika Anda ingin melihat langsung garis khatulistiwa, pergilah ke kota Pontianak yang terletak tepat di atas garis khatulistiwa.

Pulau ini adalah pulau terbesar ketiga di dunia dan Anda akan menemukan berhektar-hektar hutan rimbun di sini serta sungai yang berliku-liku dan pedesaan yang terjal. Seperti yang Anda harapkan, trekking dan hiking di hutan hujan yang belum terjamah adalah hiburan favorit di sini dan Anda dapat memeriksa semua flora dan fauna lokal seperti bekantan saat Anda melakukannya. Tentu saja jika Anda ingin kembali ke alam dan memeriksa bagian dari Indonesia yang jauh lebih jarang dikunjungi oleh wisatawan, maka Kalimantan adalah pilihan yang sangat baik, dan juga merupakan salah satu pulau terindah di bagian dunia ini.

Pulau Derawan


Pulau Derawan adalah Situs Warisan Dunia UNESCO di Indonesia dan terletak di lepas pantai pulau utama Kalimantan.

Ini adalah bagian dari kepulauan kecilnya sendiri dan merupakan salah satu tempat terbaik untuk menyelam di dan sekitar Kalimantan.

Air di sini penuh dengan kehidupan laut seperti gurita cincin biru dan ikan kalajengking, dan Anda juga dapat menemukan kuda laut bobbing serta ikan ghostpipe.

Ada batu terkenal di sini bernama Blue Trigger Wall yang panjangnya sekitar 18 meter dan terletak 10 meter di bawah permukaan air dan ini adalah salah satu tempat menyelam terbaik di Derawan.

Balikpapan


Terletak di Kalimantan Timur adalah kota Balikpapan yang merupakan tempat Anda akan menemukan sisi yang lebih modern dari pulau itu.

Karena itu, ini adalah tempat yang tepat untuk datang jika Anda ingin memasuki Kalimantan perlahan-lahan dan ada berbagai fasilitas yang baik di sini serta pusat perbelanjaan besar di mana Anda dapat melihat bagaimana pemuda Kalimantan menghabiskan akhir pekan mereka.

Anda juga akan menemukan sejumlah museum dan tempat wisata lainnya di sini untuk dinikmati dan juga dekat dengan daerah pedesaan jika Anda ingin menjelajahi luar kota.

Ini juga merupakan titik loncatan yang baik jika Anda ingin terbang di Kalimantan atau menjelajahi beberapa situs menyelam di sekitarnya.

Pulau Maratua


Pulau Maratua terletak di antara Indonesia dan bagian Malaysia di Kalimantan dan juga milik Kepulauan Derawan.

Salah satu alasan utama untuk datang ke sini adalah untuk memeriksa dua danau terkenal yang ditemukan di daerah tersebut dalam bentuk Danau Tanah Bamban dan Danau Haji Buang.

Ada sebuah resor di sini yang terkenal dengan kamar-kamarnya yang berada di atas air dan jarak pandangnya sangat bagus sehingga Anda dapat melihat ikan dan kura-kura berenang di bawah Anda.

Seperti yang Anda bayangkan, olahraga air berlimpah di sini dan Anda dapat menikmati snorkeling dan jet ski, atau hanya menyewa perahu dan melihat pemandangan dari air.

Banjarmasin


Banjarmasin berada di Kalimantan Selatan dan juga merupakan tempat di mana Anda akan menemukan Pegunungan Meratus yang perkasa.

Kota ini terbelah oleh jalur air yang panjang yang dapat Anda jelajahi dengan menggunakan kano lokal kecil, dan ini adalah tempat yang sempurna untuk menikmati pengalaman kota ditambah dengan budaya dan tradisi lokal yang kuat.

Salah satu hal terbaik untuk dilakukan adalah melakukan tur kanal, atau Anda juga dapat mengunjungi masjid utama di kota bernama Mesjid Raya Sabilal Muhtadin untuk melihat arsitektur Islam yang indah.

Taman Nasional Danau Sentarum


Taman Nasional Danau Sentarum adalah area luas lahan basah yang membentang seluas 132.000 hektar.

Sebagian besar taman ini terdiri dari hutan hujan tingkat rendah serta rawa gambut besar dan ini adalah tempat yang akan datang jika Anda ingin menemukan sejumlah besar flora dan fauna asli di satu tempat yang indah.

Beberapa satwa liar yang dapat Anda harapkan di sini termasuk orangutan, bekantan, dan buaya, atau Anda juga bisa melihat burung pegar dan bangau.

Seolah itu belum cukup, beberapa kelompok asli Kalimantan juga tinggal di taman sehingga Anda dapat mengunjungi how to be a casino pro mereka dan melihat bagaimana orang-orang telah hidup di pulau ini selama berabad-abad.

Pulau Kakaban


Pulau Kakaban adalah salah satu yang paling terkenal di Kalimantan dan terkenal akan danau agungnya yang berada di tengah.

Danau ini penuh dengan ubur-ubur yang anggun meskipun tidak beracun, yang berarti Anda dapat berenang bersama mereka dan menikmati pemandangan alam yang menakjubkan ini dari dekat.

Ubur-ubur terdiri dari dua spesies yang disebut Ubur-ubur Emas dan Ubur-ubur bulan dan satu-satunya tempat lain di dunia dengan fenomena serupa di Mikronesia, jadi jika Anda berkesempatan mengunjungi Pulau Kakaban maka pastikan untuk melakukan perjalanan ke tempat menakjubkan ini. danau

Taman Nasional Kutai


Salah satu taman nasional Kalimantan lainnya adalah Taman Nasional Kutai yang tertutup oleh hutan kayu ulin yang masih asli.

Taman-taman terbentang seluas sekitar 198.000 hektar dan Anda akan menemukan petak-petak hutan bakau di sini serta ladang anggrek liar yang berwarna-warni.

Taman itu dengan sedihnya dihancurkan ke tanah pada tahun 1998 sebagai akibat dari kebakaran hutan yang menghancurkan, tetapi sekarang sebagian besar telah pulih dan Anda akan dapat melihatnya dikembalikan ke kejayaannya.

Ini juga merupakan rumah beruang madu, kukang, rusa, dan orangutan.

Sungai Mahakam


Sungai Mahakam adalah sungai terpanjang di Kalimantan Timur dan merupakan tulang punggung utama masyarakat di sini, memasok air dengan daerah tersebut dan juga menjadi salah satu cara untuk bepergian di sekitar pulau, yang sebagian besar ditutupi oleh hutan hujan.

Sungai ini juga merupakan rumah bagi spesies lumba-lumba air tawar yang dikenal sebagai 'pesut' dan Anda dapat datang ke sini dan melihat makhluk laut yang anggun ini di habitat lokal mereka dan mengambil pelayaran sungai yang juga memungkinkan Anda untuk melihat sejumlah besar ikan lainnya. spesies asli.

Taman Nasional Tanjung Puting


Taman Nasional Tanjung Puting adalah salah satu taman nasional premium di Kalimantan dan di sinilah Anda akan menemukan jumlah orangutan elegan terbesar yang berayun dari pohon.

Ada pusat konservasi dan penelitian yang berbasis di sini dan taman ini merupakan Cagar Biosfer UNESCO yang ditunjuk.

Ini mencakup 415.040 hektar tanah dan juga memiliki taman saudara di Malaysia yang berdekatan.

Hanya beberapa kegiatan yang dapat Anda nikmati di taman ini termasuk kapal pesiar di sepanjang sungai serta wisata perahu di mana Anda dapat memeriksa semua satwa liar setempat dan menikmati pelayaran santai di waktu yang bersamaan.

Beberapa hewan yang menyebut taman itu rumah termasuk macan tutul, kancil, beruang madu, dan monyet merah.

Sampit


Sampit adalah kota yang terletak di Sungai Sampit dan ada berbagai objek wisata yang dapat Anda nikmati di kota ini.

Salah satu yang terbaik adalah Pantai Pandaran yang berada di sebelah mulut Sungai Sampit dan Anda dapat menyaksikan titik di mana sungai menyaring ke laut yang lebih luas.

Daya tarik utama lainnya di sini adalah Taman Anggrek di Pembuangan Hulu yang merupakan kawasan hutan yang, seperti namanya, ditutupi oleh anggrek yang cantik dan berwarna-warni.

Gunung Putih


Gunung Putih, atau Gunung Putih dalam bahasa Indonesia, terletak di Kabupaten Bulungan dan merupakan salah satu puncak terpenting di Tanjung Palas.

Alasan mengapa orang berbondong-bondong ke sini adalah untuk mendaki ke puncak gunung, dan dari sini Anda dapat menikmati pemandangan yang jelas melintasi pedesaan sekitarnya.

Jika Anda tidak menyukai gagasan perjalanan gunung maka Anda dapat menjelajahi gua bawah tanah yang juga ditemukan di sini dan yang bisa Anda dapatkan melalui beberapa lereng gunung yang indah.

Anda dapat menjelajahi area di sekitar mulut gua dan ada 42 lampu sorot di dalam yang akan membawa Anda bagian dari jalan di dalam ruang utama.

Hutan Lindung Sungai Sesayap


Jika Anda berada di Kalimantan Utara maka pastikan untuk tidak melewatkan perjalanan ke Hutan Lindung Sungai Sesayap.

Cara terbaik untuk menikmati keagungan hutan di sini adalah pergi berlayar menyusuri sungai dan Anda dapat melihat semua pemandangan indah serta menikmati pohon-pohon rimbun yang menjulang tinggi dan bunga-bunga raksasa.

Ada juga monyet, ular, dan berbagai burung warna yang bisa dinikmati dan ini adalah daerah terlindung sehingga Anda tahu bahwa hewan yang hidup di sini aman dan tidak tunduk pada perburuan atau perburuan.

Anda juga dapat melihat pohon-pohon Perengat di sini yang memiliki buah asam khusus yang digunakan dalam berbagai pengobatan alami.

Pontianak


Pontianak adalah kota terbesar di Kalimantan dan memiliki nama yang agak disayangkan, karena 'pontianak' adalah sejenis vampir dalam bahasa Melayu.

Namun tidak ada alasan untuk khawatir, dan Pontianak duduk di titik di mana dua sungai besar yang disebut Sungai Kapuas dan Sungai Landak bersatu.

Beberapa tempat terbaik di kota yang dapat Anda kunjungi termasuk Istana Kadriyah yang merupakan bekas istana kerajaan serta Museum Negeri Pontianak yang merupakan museum nasional dan tempat yang tepat untuk mempelajari lebih lanjut tentang sejarah dan budaya daerah tersebut.

Ada juga Monumen Khatulistiwa di sini dan Rumah Dayak Tradisional.

Taman Nasional Sembuku Sembakung


Taman Nasional Sembuku Sembakung adalah satu-satunya tempat di Kalimantan di mana Anda akan menemukan gajah dan hutan alam yang menakjubkan ini membentang sekitar 400.000 hektar.

Ini adalah salah satu daerah terbaru di Indonesia yang dinyatakan sebagai taman nasional dan membentang di sepanjang perbatasan Kalimantan Timur.

Salah satu daya tarik utama di taman ini adalah kenyataan bahwa itu mencakup enam wilayah berbeda tanah yang meliputi rawa-rawa bakau, perbukitan hijau, dan hutan lebat.

Pulau Bunyu


Pulau Bunyu di Bulungan di Kalimantan Utara adalah salah satu tempat terbaik untuk melihat budaya lokal dan juga mencoba makanan lokal.

Bunyu terdiri dari tiga desa berbeda yang merupakan rumah bagi suku asli Tidung di Kalimantan.

Pulau ini juga terkenal dengan buahnya yang terkenal yang disebut salak yang merupakan salah satu buah-buahan asli terbaik dan paling lezat di Indonesia, jadi pastikan Anda mencoba beberapa saat Anda berkunjung.

Tempat-tempat bagus lainnya untuk dikunjungi di sini termasuk Pantai Nibung yang cantik dan Anda juga akan menemukan klub pantai dan bahkan lapangan golf di sini, atau Anda dapat menjelajahi pulau di sekitar area dengan speedboat.

No comments:

Post a Comment