Tuesday, April 7, 2020

Tempat Wisata yang Wajib di Kunjungi Wisatawan Jika Berkunjung di Pontianak

15 Best Places to Visit in Kalimantan (Indonesia) - The Crazy Tourist

Wisata Indonesia Pontianak adalah kota yang terletak di Kalimantan Barat, sekaligus ibukota. Pontianak menjadi salah satu provinsi yang berada di garis Khatulistiwa selain posisi itu, menghemat sumber daya alam yang harus Anda eksplor baik, terutama pariwisata. Pontianak juga punya wisata lain selain wisata alam, ingin tahu apa saja pariwisata yang ada di Pontianak, kita simak pembahasan kali ini tentang pariwisata di Pontianak.


Berikut 10 tempat wisata yang ada di Pontianak:

Istana Kadriah

Istana adalah tempat wisata regional Kadriah Pontianak Tritura Road yang berlokasi di Pontianak. Istana mulai dating kembali ke tahun 1771, dibangun oleh Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie yang merupakan sultan pertama dari Kesultanan Pontianak. Warna dominan bangunan Istana adalah warna kuning, sedangkan kayu menggunakan bukti kayu. Ketika Anda mengunjungi Istana ini, Anda akan langsung disambut oleh peninggalan meriam kuno Jepang dan Portugis. Kemudian jika Anda pindah ke keratin, Anda akan menemukan tahta milik sultan dan Permaisuri, foto-foto, pakaian, dan koleksi lainnya dari Kraton Kadriah sultan. Salah satu keistimewaan dari daerah wisata ini adalah ada tangan Qur'an Quran sendiri yang ditulis oleh Sultan.

Makam Kesultanan Batulayang

Makam Kesultanan Batulayang adalah daerah wisata Pontianak yang terletak sekitar 2 KM dari Tugu Khatulistiwa. Pemandangan ini adalah tempat pemakaman tujuh sultan Pontianak dan juga keluarga mereka. Jika Anda ingin berziarah ke makam sultan Pontianak, yang pertama Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie, situs pemakamannya berada di sebuah ruangan tepat di tengah kompleks. Makam Sultan Syarif Abdurrahman Alqadrie memiliki bentuk yang mirip dengan bunker kecil. Untuk menghormati para sultan dimakamkan di kompleks makam ini, pintu masuknya dibuat rendah sehingga pengunjung harus merunduk untuk memasukinya. Batulayang diambil dari nama gundukan batu berwarna hijau, terletak di luar kompleks.

Masjid Agung Pontianak

Masjid Agung Pontianak adalah salah satu objek wisata wilayah Pontianak yang menjadi saksi asal-usul kota Pontianak. Masjid yang juga dikenal dengan nama Masjid Syarif Abdurrahman ini memiliki atap empat tingkat, di dalam atap ada empat pilar utama. Sedangkan bangunan masjid memiliki gaya seperti jangkungan, dibuat seperti itu untuk menghindari banjir di musim hujan karena seringnya Sungai Kapuas. Masjid Jami mampu menampung sebanyak mungkin umat jamaah Pontianak. Objek wisata daerah Pontianak terletak sekitar 200 meter dari Istana Kerajaan Kadriah. Jika Anda lelah berkeliling masjid dan ingin mencari toko suvenir atau sekadar mengisi perut, Anda bisa datang ke pasar tradisional yang terletak di sebelah kiri pintu masuk masjid.

Tugu Khatulistiwa

Tugu Khatulistiwa adalah objek wisata wilayah Pontianak yang menjadi kebanggaan warga Pontianak. Monumen memiliki monumen utama yang terdiri dari empat pilar kayu, ada bukti tulisan EVENAAR antara dua pilar yang ada di belakang. Selain dapat menikmati monumen Anda juga dapat mengunjungi museum di sana. Di museum Anda bisa mendapatkan berbagai informasi tentang garis imajinasi Bumi. Dari sekitar monumen Anda juga bisa membeli oleh-oleh berupa miniatur Monumen. Jika Anda memiliki waktu luang, Anda harus mencoba untuk menikmati fenomena alam yaitu Matahari langsung di atas Khatulistiwa sehingga bayangan yang ada di garis tidak akan muncul. Fenomena itu biasanya muncul pada 21-23 Maret atau 21-23 September. Objek wisata daerah Pontianak terletak sekitar 3 KM dari pusat kota.

Rumah Radakng Betang

Rumah atraksi Radakng Betang terletak di wilayah Pontianak jalan Sultan Sjahrir, Kota Batu, Pontianak. Rumah Radakng yang dibangun oleh Pemerintah Betang panjangnya mencapai 138 meter, lebar 5 meter, dan tinggi 7 meter. Karena panjangnya yang mencapai 138 meter, pemandangan ini meraih rekor sebagai rumah adat terpanjang di Indonesia. Rumah ini adalah rumah suku asli Dayak di Kalimantan Barat. Rumah panggung berbentuk bangunan yang panjangnya terdiri dari tiga bagian, termasuk ruang selasar, teras, dan juga ruang tidur. Ruang lobi digunakan oleh penghuninya untuk berkumpul dan mengobrol dengan anggota keluarga. Rumah Radakng Betang ini terbuat dari kayu ulin berhias ornamen dan ukiran khas Dayak.

Taman Alun-Alun Kapuas

Tempat wisata area Park Square yang berada di tepi Sungai Kapuas, tepatnya di depan Kantor Walikota Pontianak. Taman ini memang cukup luas, luasnya sekitar 3 hektar. Jika Anda tidak dapat mengunjungi Monumen, di Lapangan alun-alun Kapuas ini Anda dapat menemukan replika Monumen. Taman Alun-Alun Kapuas cocok untuk Anda yang ingin menikmati sungai ini dan bersantai bersama keluarga. Selain bersantai di Taman Anda juga bisa menikmati wisata kuliner di sekitar lokasi, karena banyaknya hidangan kuliner yang bisa Anda nikmati. Objek wisata wilayah Pontianak ini akan ramai pada saat sore dan malam hari, karena pada saat seperti itu pemandangannya menjadi lebih indah.

Aloe Vera Center

Aloe Vera Center sendiri adalah tempat budidaya tanaman Aloe Vera. Aloe Vera Centre menjadi obyek wisata area Pontianak yang bisa memberikan pengetahuan kepada pengunjung. Di sini juga Anda bisa melihat Aloe Vera dengan ukuran yang sangat besar, masing-masing daun memiliki berat sekitar 1,2 kg. Selain itu di sini Anda juga bisa melihat pengolahan Lidah Buaya menjadi berbagai produk atau makanan termasuk dodol, permen, tepung, dank rim untuk kulit. Produk-produk itu bisa Anda buat untuk keluarga Anda di rumah. Tempat wisata daerah ini terletak di jalan Budi Utomo, Upper Northern Siantan, Pontianak.

Pantai Pasir Panjang

Dari Singkawang Anda harus menempuh jarak sekitar 17 KM. Seperti halnya pantai pada umumnya, pantai Pasir Panjang memiliki pasir putih, air sebening kristal, dan pepohonan rindang di sekitar pantai. Jika Anda bisa, nikmati saja pemandangannya, Anda bisa bermain bola voli, berenang, memancing, atau berselancar untuk hobi Anda. Fasilitas yang dimiliki oleh pantai juga bisa dikategorikan di antaranya penuh hotel, cottage, restoran, souvenir, toko hingga disko juga ada. Anda dapat menikmati fasilitas di objek wisata wilayah Pontianak dengan menghabiskan 10.000 rupiah per orang.

Taman Pulau Sinka

Taman Pulau Sinka adalah tempat wisata yang terletak di kawasan Teluk Ma'jantuh, Singkawang. Di pulau ini Anda dapat mengunjungi Kebun Binatang, kolam renang, ke pantai sekaligus. Kebun binatang ini ada di pulau bernama Sinka Zoo, setidaknya ada 200 hewan dari 62 spesies ekor yang dapat Anda lihat di kebun binatang mini ini. Sedangkan pantai di Taman Pulau Sinka disebut Pantai Banjau, pantai ini memiliki tepi berupa batu sehingga tidak cocok untuk berenang. Jika Anda ingin berenang, Anda bisa menuju ke kolam renang yang juga tersedia di pulau itu. Tidak selesai di sana, Anda juga dapat menikmati pulau terkecil Junction di dunia dengan melintasi jembatan kayu. Daya tarik kawasan Taman Pulau Sinka menjadi tujuan banyak wisatawan karena kelengkapan dan panorama.

Museum Kalimantan Barat

Museum Kalimantan Barat, juga dikenal sebagai Negeri Pontianak adalah salah satu objek wisata dari wilayah Pontianak yang terletak di jalan Jendral Ahmad Yani, Pontianak. Museum termasuk tempat wisata sejarah di Pontianak dibagi menjadi tiga zona dengan koleksi berbeda di setiap zona. Koleksi museum yang dimiliki mereka adalah temuan artefak di Kalimantan Barat, koleksi kerajaan, kerajinan seni dan budaya Dayak, hingga koleksi keramik dari Tiongkok. Ada taman kecil dengan jembatan kayu di luar museum yang bisa Anda atur lokasi untuk mengambil foto .. Museum Kalimantan Barat ditutup pada hari Senin, jadi Anda hanya bisa berkunjung pada hari Selasa hingga Minggu.

No comments:

Post a Comment